Kamis, 15 Oktober 2015

SMGR Kokohkan Produksi Semen Hingga 40 Juta Ton

Jakarta-PT Semen Indonesia Tbk terus bergerak menyelesaikan sejumlah ekspansi bisnisnya. Dua unit pabrik terba runya di Rembang, Jawa Tengah dan Indarung, Sumatera Barat yang menghabiskan investasi sekitar Rp 7,8 triliiun, saat ini telah mencapai 63 persen.

“Progress pembangunan pabrik di Rembang dan Indarung telah mencapai 63 persen,” ujar Direktur Utama Semen Indonesia Suparni kepada pers disela acara Launching Lembaga Sertifikasi Profesi Semen Indonesia Group dan Ceremonial Penyerahan Lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi Semen Indonesa Group di Jakarta, kemarin (14/10).



Dia optimis pembangunan dua pabrik tersebut akan tuntas sesuai dengan jadwal, yakni tahun 2016 mendatang. Dengan tambahan dua unit produksi semen terbaru itu, emiten dengan kode SMGR akan ada tambahan produksi masing-masing sebesar tiga juta ton, atau totalnya mencapai enam juta ton.

Dengan tambahan produksi enam juta ton tahun 2016 mendatang, total kapasitas produksi SMGR di tahun 2017 menjadi 40 juta ton. Tahun ini, kapasitas terpasang Semen Indonesia diperkirakan mencapai 32,3 juta ton, dan akan naik menjadi 38,3 juta ton di 2016. “Itu sudah termasuk pabrik semen yang kami miliki di Thang Long,” imbuh Suparni.

Terkait dengan penyerapan belanja modal sepanjang 2015, Suparni mengatakan Semen Indonesia telah menggunakannya sebesar Rp5,44 triliun hingga saat ini, atau setara 68 persen dari total capex Rp 8 triliun sepanjang 2015.

“Belanja modal telah terealisasi sekitar 68 persen dari yang dianggarkan tahun ini,” katanya. Dana itu, telah digunakan untuk pembangunan pabrik baru di Rembang, Jateng dan Indarung, Sumbar. Selain membangun pabrik, dana capex juga digunakan untuk packing plant di Pontianak dan Balikpapan.

Termasuk membangun pembangkit listrik yang memanfaatkan gas buang atau Waste Heat Recovery Power Generation (WHRPG) di Tuban sebesar 30,6 megawatt (MW). “Jadi dengan membangun listrik di Tuban, tidak perlu minyak atau batu bara lagi untuk mengerjakan proyek-proyek besar kami,” paparnya. (mna/rif)

Boulevard

About Boulevard

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.