Kamis, 13 Agustus 2015

Pekerja Lapangan Rentan Terkena Tifus

SURABAYA - Di era globalisasi seperti sekarang, kerja lapangan atau kerja di luar kantor menjadi hal wajar dilakukan oleh kaum urban. Namun harus diingat bekerja di luar kantor memiliki risiko tinggi, satu di antaranya tifus yang diawali dari makanan yang tidak sehat.

Dokter Lili Soejipto salah satu dokter umum di Rumah Sakit Adi Husada Surabaya mengatakan, jika penyakit yang rentang diidap oleh pekerja lapangan adalah tifus. “Mengapa tifus karena, terkadang mereka lebih suka makan di pinggir jalan yang terkadang kebersihannya tidak terjaga,” ujar dokter Lili.

Tifus adalah infeksi yang menyerang usus halus seseorang.Penyakit ini biasanya ditandai dengan demam tinggi dan perubahan suhu di malam hari. Pada umumnya demam tinggi ini tidak akan turun minimal selama tujuh hari. “Selain itu terdapat gangguan pencernaan seperti mual muntah dan diare,” ujar dokter Lili.

Karena penyebaran virus ini melalui vekal oral, atau melalui makanan, tempat yang tidak bersih, maka pekerja lapangan yang suka jajan sembarangan atau makan di pinggir jalan dengan kebersihan yang masih dipertanyakan sangat rawan terinfeksi virus. “Makan di pinggir jalan boleh asal diperhatikan juga kebersihannya,” tambah Lili.

Meskipun begitu bukan berarti,mereka yang sering berada di dalam rumah yang tidak terncam penyakit tifus.Semua tergantung pada lingkungannya. “Intinya lebih bagaimana seseorang itu menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat, karena bakteri penyebab tifus sering muncul di tempat yang kumuh, dan kotor,” jelasnya.(dia/iku)

Boulevard

About Boulevard

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.